Ciri-ciri Khusus Hewan Kelinci Burung Hantu Harimau

Diposting oleh ramcomp Minggu, 20 Agustus 2017

Ciri Khusus Kelinci

Ciri Khusus Kelinci – Berikut ini adalah beberapa Ciri Ciri Khusus Kelinci
  • Hewan Kelinci adalah satu genus mamalia serupa arnab yang tergolong dalam famili Leporidae
  • Kelinci betina memiliki jumlah uterus yang sepasang memungkinkan untuk memiliki jumlah anak lebih dari satu atau multiple impregnations
  • Ciri Khusus Kelinci merupakan hewan yang berusus satu
  • Pakan utama kelinci yaitu Rumput, Sayuran, Bijian
  • Siklus kelamin : Poliestrus dalam setahun bisa 5 kali bunting
  • Kelinci lahir hanya mengandalkan makan dari air susu induknya
  • Masa perkawinan setelah beranak (calving interval): 1 minggu setelah anak disapih
  • Ciri Khusus Kelinci Anak kelinci akan belajar makan rumput pada umur 14 hari dan mulai banyak makan diusia 26 hari
  • kelinci memiliki pertumbuhan gigi yang terus menerus
  • Kelinci memiliki karakter selalu siaga, bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman yang berada di sekitarnya



Ciri Khusus Burung Hantu

Ciri Khusus Burung Hantu – Berikut ini adalah beberapa Ciri ciri Khusus Burung Hantu sebagai berikut
  • Burung hantu merupakan spesies burung pemangsa yang aktif pada waktu malam (nokturnal)
  • mempunyai bentuk muka yang berbeda dengan burung biasa, muka burung hantu berbentuk rata seperti muka manusia dengan kedua belah matanya menghadap ke hadapan.
  • Burung hantu dikelaskan dalam susunan Strigiformes
  • Burung hantu mempunyai paruh bengkok ke bawah yang tajam, dan mempunyai bulu jambul yang lembut
  • Kedua-dua jantina kelihatan serupa, walaupun burung hantu betina biasanya 25% lebih besar berbanding burung hantu jantan
  • Ciri Khusus Burung Hantu dengan mata yang dapat melihat dengan baik dalam cahaya yang kurang
  • Burung ini juga dapat memusingkankan kepalanya 135 darjah ke kedua-dua belah, memberikannya bidang penglihatan yang bagus
  • Burung ini mengalami rabun dekat, ia tidak dapt melihat dengan jelas apa-apa yang berada betul-betul di hadapannya.
  • Burung hantu adalah haiwan maging, Makanan utamanya haiwan mamalia kecil seperti tikus, cencorot, burung lain dan sebagainya.
  • Ciri Khusus Burung Hantu membiak dengan bertelur. Telurnya berwarna putih dan mempunyai cangkerang yang keras yang dieramkan di dalam sarang yang dibina oleh burung hantu betina.
Ciri-Ciri Khusus Harimau
Harimau merupakan salah satu hewan pemangsa terbesar yang ada di Bumi. Dalam rantai makanan, harimau berada di atas. Keberadaannya sangat lah penting. Namun, kini keberadaan harimau terancam. Di tahun 2010, WWF mencatat hanya ada sekitar 3200 harimau yang ada dan tersebar di seluruh dunia. Hewan yang satu ini memiliki ciri-ciri khusus tersendiri yang tidak ditemukan di hewan lain, termasuk hewan yang masih berada dalam satu famili dengannya (felidea). Nah, berikut ini ciri-ciri khusus harimau:
·         Ciri yang paling menonjol dari seekor harimau adalah belang yang dimilikinya. Belang yang dimiliki harimau membuat penampilannya tampak mencolok dibandingkan dengan hewan lainnya. Di saat yang sama, kelebihan/keindahan bulu harimau tersebut menggoda manusia untuk memilikinya, keserakahan manusia menuntun mereka untuk memburu harimau. Karena hal itulah, beberapa spesies harimau di Indonesia diketahui telah punah, seperti harimau Jawa dan Bali, sementara harimau Sumatera termasuk ke dalam jenis hewan langka.
·         Harimau memiliki “mata palsu” yang berada di belakang telinga mereka. Mata palsu ini sebenarnya merupakan pola dari bulu yang terdapat di bagian belakang telinga mereka. Mata palsu bagi harimau berfungsi untuk mengelabui predator yang mungkin datang dari belakang. Bagi predator, mata palsu pada harimau akan membuat tubuh harimau lebih besar daripada sosok mereka yang sebenarnya. Nah, berikut ini adalah penampakan “mata palsu” dari harimau:

·         Belang yang ada di kening harimau memiliki pola khusus. Pola belang pada kening harimau menyerupai salah satu karakter huruf Cina, yaitu “wang” yang berarti “Raja”.

·         Warna bulu harimau bervariasi antar spesies-nya, namun umumnya para ahli menggambarkan bahwa semakin ke utara letak habitatnya, maka warna bulu harimau semakin terang/cerah. Demikian sebaliknya, semakin ke selatan habitat harimau di Planet Bumi, maka semakin gelap warna bulunya. Hal tersebut disinyalir merupakan bentuk adaptasi harimau dengan lingkungannya.
·         Kaki belakang harimau lebih panjang daripada kaki depannya. Namun, kaki depannya lebih kuat dibandingkan dengan kaki belakangnya, tula kaki depan harimau lebih kuat dan padat dengan tujuan untuk mendukung otot yang besar. Kekuatan yang besar pada kaki depan dibutuhkan harimau untuk melumpuhkan mangsanya.
·         Suara raugan harimau sangat keras, bahkan terdengar hingga mencapai 3 km. Salah satu fungsi raungan harimau adalah untuk membuat tertarik lawan jenis.
·         Bantalan kaki harimau sangat besar, hal tersebut dibutuhkan agar dapat mengintai mangsanya tanpa mengeluarkan suara, karena suara yang mungkin muncul dari langkah kaki harimau telah diredam oleh bantalan yang besar pada kaki harimau.
·         Jumlah gigi Harimau relatif lebih sedikit dibandingkan dengan hewan karnivora lainnya, semisal anjing yang memiliki 42 gigi, sementara hariamu hanya 30 gigi.
·         Harimau memiliki gigi taring terbesar di antara spesies kucing besar lainnya, yaitu dengan panjang sekitar 6.4 hingga 7.6 cm.

·         Panjang ekor semua spesies harimau adalah berkisar 1 meter. Ekor harimau memegang peranan penting dalam proses komunikasi-visual sesama mereka. Selain itu, ekor harimau juga berperan sebagai alat keseimbangan saat harimau membelok ketika sedang berlari mengejar mangsanya.

0 komentar

Posting Komentar

    Postingan Populer